Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner
Vol 1, No 1 (2022)

Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran Membaca Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Margomulyo 1 Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022

Takiyatul Aminin (Universitas PGRI Madiun)
Dwi Setyadi (Universitas PGRI Madiun)
Sigit Ricahyono (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Penggunaan E-learning di jenjang pendidikan Sekolah Dasar merupakan teknologi pembelajaran yang masih awam dan jarang digunakan. Akan tetapi, sekarang pendidik dan siswa harus mampu melaksanakan E-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan E-Learning dalam Pembelajaran membaca bahasa Indonesia kelas IV di SDN Margomulyo I Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar kelas IV SDN Margomulyo I. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif melalui wawancara terhadap guru kelas IV SDN Margomulyo I. Hasil penelitian menemukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran e-learning di SDN Margomulyo I khususnya membaca dilakukan dengan menggunakan media online yang beragam yaitu google classroom, youtube, Zoom, whatsApp, google workspace for education, google meet, google slide dan google doc. Pengembangan sistem Pembelajaran berbasis internet di SDN Margomulyo I Mengunakan Web centric course atau penggunaan internet yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tatap muka, fungsinya saling melengkapi, dalam model ini guru memberikan petunjuk pada siswa untuk mempelajari materi melalui web yang telah dibuat oleh guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WEWARAH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

“Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner” (WJPM) is a multidisciplinary educational scientific journal published by the Postgraduate Program, Universitas PGRI Madiun. WJPM comes out three times a year, in January, May, and September. WJPM is a platform for lecturers, teachers, researchers, ...