Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS siswa melalui penerapan model Discovery Learning berbantuan Video. Subyek penelitain adalah siswa kelas VIIA SMPN 3 Sambit, berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat fase: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan HOTS secara signifikan. Tingkat pencapaian pada pra-siklus adalah 52,85%, pada siklus I meningkat menjadi 63,31%, dan pada siklus II menjadi 79,46%. Penelitian ini membuktikan bahwa model discovery learning berbantuan Video merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan HOTS siswa.
Copyrights © 2022