Jurnal Ilmiah Widya Borneo
Vol 1 No 02 (2019): WIDYA BORNEO

PEMAHAMAN GURU TERHADAP KONSEP DASAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM APLIKASI PENYUSUNANNYA

Haeruman (Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2020

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bahasa Inggris Classroom Action Research (CAR) merupakan suatu kegiatan penelitian yang dilakukan guru baik pada tingkat pendidikan dasar atau menengah dalam rangka untuk mengetahui serta memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas. Bahwa dalam penyusunan penelitian Tindakan Kelas yang harus diperhatikan oleh seorang peneliti yaitu seorang guru, adalah apa tindakan yang akan dilakukan guru dalam proses pembelajaran dikelasnya ? kemudian apa yang akan ditingkatkan dengan tindakan tersebut ? selanjutnya siapa yang akan dikenai tindakan, artinya orangnya atau siswa kelas berapa ? Selanjutnya juga yang tidak kalah pentingnya seorang guru dalam melakukan tindakan juga jangan melakukan kesalahan seperti; 1) Isi ajaran dalam proses pembelajaran atau materi nya yang pertama, jangan diulang pada siklus kedua, artinya bisa diulang jika materi tersebut bisa dilakukan beberapa pertemuan, karena mengandung makna atau kedalaman materi serta tema yang berbeda tapi masih dalam materi yang sama. 2) Metode mengajar yang diterapkan atau dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran pada siklus pertama, jangan dirubah pada siklus kedua, dan yang 3) siswa yang dihadapi oleh seorang guru pada siklus pertama dan keuda tidak boleh diganti oleh siswa yang lain, dan seterusnya. Sementara menurut Kisyani pada PTK mendefinisikan classroom action research yang dilaksanakan secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah sampai masalah itu terselesaikan. Berdasarkan dari beberapa pendapat dalam uraian dibawah ini, maka PTK dilakukan dalam proses pembelajaran yang dialami di kelas sesuai dengan jadwal sehingga tidak mengganggu kegiatan proses pembelajaran. Oleh karena itu PTK bersifat situasional (dinamis), kontekstual, bersekala kecil, terlokalisasi dan secara langsung relevan dengan situasi nyata di dalam kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

widyaborneo

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal aims to disseminate the results of research / studies on approaches, models, strategies, methods, media, learning innovations and the development of teaching material that imprive the quality of training for educational and religious technical personnel. Widyaborneo was first published ...