JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

Analisis respon mahasiswa terhadap implementasi google classroom pada mata kuliah perencanaan pembelajaran

Yuniarta Ita Purnama (IKIP PGRI BOJONEGORO)
Ima Isnaini Taufiqur Rohmah (IKIP PGRI BOJONEGORO)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2022

Abstract

Abstrak Dalam Capaian Pembelajaran mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, siswa diharapkan mampu membuat perencanaan pembelajaran dan mengevaluasinya dalam tahun pelajaran tertentu. Google Clasroom adalah salah satu platform pembelajaran dimasa pandemi covid-19 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan google classroom dalam meningkatkan keterampilan pembuatan perencanaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester genap di IKIP PGRI Bojonegoro pada tahun akademik 2020/2021. Peneliti menggunakan total sample dalam teknik pengambilan sampel. 26 siswa menjadi Subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai instrumen. Hasil dari penelitian ini, dapat dilihat setelah menganalisis data secara deskriptif, hasilnya menunjukkan bahwa semua siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi dan terlibat aktif selama kegiatan belajar mengajar. Siswa lebih mudah mengekspresikan diri. Proses pembelajarannya tidak membosankan dan menarik. Mereka termotivasi untuk mendapatkan prestasi yang baik karena mereka merasa lebih percaya diri dalam mengekspresikan ide. Kata kunci: Google classroom, Respon Mahasiswa, Perencanaan Pembelajaran Abstract In the Learning Achievement of Lesson Plan Course, students are expected to be able to make learning plans and evaluate them in a particular school year. Google Clasroom is one of the learning platforms used during the Covid-19 pandemic. The purpose of this study is to find out how students respond in the use of google classroom in improving planning skills. This research is qualitative descriptive research. This research was carried out on even semester students at IKIP PGRI Bojonegoro in the academic year of 2020/2021. Researchers use total samples in sampling techniques. 26 students were subjected to the study. The study used questionnaires as instruments. The results of this study can be seen after analyzing the data descriptively. The results show that all students have high learning motivation and are actively involved during teaching and learning activities. Students are easier to express themselves. The learning process is interesting and not boring. They are motivated to get good achievements because they feel more confident in expressing ideas. Keywords: Google classroom, Students’ respond, Lesson Plan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...