Jurnal Social Library
Vol 2, No 1 (2022): JURNAL SOCIAL LIBRARY MARCH

Studi Meta-Analisis: Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa

Rahmat Syaibani (Sekolah Tinggi Agama Islam Aceh Tamiang)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan suatu dorongan yang dimana dorongan ini berasal dari dalam diri siswa untuk mengarahkan aktifitasnya untuk belajar seperti mengerjakan tugas, menjawab pertanyaan dari para guru dll. Telah banyak penelitian yang dilakukan tentang dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa yang dimana hasilnya memiliki keterkaitan akan tinggi rendahnya motivasi belajar siswa. Teknik yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik studi meta-analisis yang diaman bertujuan untuk meneliti hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini melakukan reviu yang melibatkan 6 studi jurnal yang berkaitan dengan motivasi bealajar siswa pada 10 tahun terakhir, dengan jumlah responden sebanyak 529. Hasil dari penelitian studi meta-analisis ini menunjukkan adanya korelasi yang large effect size  sebesar r=0.61 (95%CI= 0.557,0.665) confidance intervalnya akan ada heterogeneity ????²=53,4% 80%, maka meta-analisis ini menggunakan fixed effects Dari hasil tersebut mengindikasikan dukungan orang tua berkorelasi dengan motivasi belajar siswa secara langsung dikarenakan memiliki large effect size, namun tetap ada fakto-faktor lain yang juga memiliki nilai korelasi yang lebih kecil dari pada dukungan orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Social Library is to provide scientific article of social and humanities studies that developed in attendance through the article publications, research reports, and book reviews. The focus and scope of the journals: Phylosophy, Psychology, Health, Law, Politics, Economics, Communication, ...