Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 2, No 1 (2021): Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Ideologi Kapitalisme dalam Buku Teks SMA Kelas XII: Tinjauan Teori Wacana Laclau & Mouffe

Sulqadri Sulqadri (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Saleh (Universitas Negeri Makassar)
Sultan Sultan (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan representasi ideologi kapitalisme dalam piranti identitas kewacanaan dalam buku teks kelas XII; (2) Mendeskripsikan representasi ideologi kapitalisme dalam piranti antagonisme kewacanaan dalam buku teks kelas XII; Mendeskripsikan representasi ideologi kapitalisme dalam piranti intervensi hegemonis. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa membaca, mencatat, dan menganalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Melalui piranti Identitas kewacanaan dalam setiap teks wacana ditemukan fitur-fitur yang menggambarkan representasi ideologi kapitalisme dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII. Fitur-fitur tersebut adalah titik simpul atau penanda utama,  momen atau tanda  identitas dan ruang sosial. Pada fitur tersebut ditemukan unsur representasi ideologi kapitalisme. (2) Dalam piranti Antagonisme kewacanaan dalam setiap teks wacana ditemukan identitas-identitas yang menunjukkan representasi ideologi kapitalisme dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII. Identitas yang saling meniadakan tersebut menunjukkan unsur representasi ideologi kapitalisme. (3) Intervensi hegemonis setiap teks wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII terdapat wacana yang berusaha meredekan antagonisme kewacanaan. Usaha-usaha tersebut menunjukkan unsur representasi ideologi kapitalisme dalam wacana yang hadir. Kata Kunci: Analisis, Wacana, Kapitalisme

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...