caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2021)

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menulis Puisi Naratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV (Studi Deskriptif Kualitatif Di Kelas Iv SDN 2 Sukagalih)

Tiara Indah Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Fokus dalam penelitian ini yakni untuk menganalisis bagaimana hasil menulis puisi naratif siswa serta kesulitan yang dialami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana subjeknya yaitu guru dan siswa kelas IV. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) hasil menulis puisi naratif siswa kelas IV yang terdiri dari tema, amanat, diksi dan rima masih tergolong sederhana. Dari 24 siswa terdapat 10 siswa yang termasuk kriteria “Baik”, 3 siswa termasuk kriteria “Cukup”, dan 11 siswa termasuk kedalam kriteria “Kurang”. 2) Kesulitan yang dialami siswa yaitu dalam menentukan judul dan isi puisi sesuai dengan tema, kesulitan dalam menentukan amanat, kesulitan dalam menentukan diksi dan rima. Kesulitan yang tergolong paling kuat pada unsur diksi dan rima, dan kesulitan yang paling ringan yaitu dalam menentukan amanat.Menulis puisi naratif, kesulitan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...