caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2021)

ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SUKAGALIH

Riska Sarika (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Kemampuan membaca pemahaman penting bagi penguasaan, peningkatan, dan pengetahuan siswa. Tujuan dari penelitian ini 1) bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V SD Negeri 1 Sukagalih 2) bagaimana hambatan yang dialami siswa dalam membaca pemahaman 3) bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana subjeknya adalah siswa kelas V. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 1 Sukagalih memperoleh nilai rata-rata 67 termasuk ke dalam kategori cukup. 2) dari hasil wawancara faktor yang menjadi penghambat dalam kemampuan membaca pemahaman yaitu motivasi dan minat, kebiasaan, keadaan diri siswa, pengaruh lingkungan, dan bahan bacaan. 3) Dari hasil wawancara upaya yang dilakukan yaitu memotivasi siswa dalam membaca, menentukan tujuan membaca, kepekaan guru terhadap siswa yang sulit dalam membaca, penggunaan metode dan media dalam mengajar, penggunaan sarana dan prasarana.Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...