caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2021)

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Windi Paulina (IPI Garut)
Neni Nadiroti Muslihah (IPI Garut)
Risma Nuriyanti (IPI Garut)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

This study aims to describe the use of popup book media in mathematics learning. The participants were low-class students at Kp. Babakan Bungbulang which was held in a learning family. Desscriptive qualitative is used as a research method by collecting data using observations, questionnaires and wawancra. Triangulation of data used is 1) to see the analysis of media usage to learners whether it is classified as a good media used it is based on the results of interview tests and questionnaires, 2) The results showed that the learners greatly appreciated the popup book learning media applied in mathematics learning that has been carried out in the second observation. This shows that the results of this popup book media analysis research can help students in learning with increased learning ability, especially in mathematics learning.Keywords: Improving learning ability, Mathematics Learning Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pop up book dalam pembelajaran matematika. Partisipannya adalah peserta didik kelas rendah di Kp.Babakan Bungbulang yang dilaksanakan dalam sebuah rumpun belajar. Kualitatif desriptif digunakan sebagai metode penelitian dengan pengumpulan data yang menggunakan observasi, angket dan wawancra. Triangulasi data yang digunakan yaitu 1) untuk melihat analisis penggunaan media kepada peserta didik apakah tergolong media yang baik digunakan hal ini terdapat berdasarkan hasil tes wawancara dan angket, 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik sangat mengapresiasi terhadap media pembelajaran pop up book yang diterapkan dalam pembelajaran matematika yang telah di laksanakan dalam observasi kedua. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian analisis media pop up book ini dapat membantu siswa dalam belajar dengan meningkatnya kemampuan belajar khususnya dalam pembelajaran matematika.Kata kunci : Peningkatan kemampuan belajar, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...