Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 1 No 1 (2016): Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

fektivitas Implementasi Model Pembelajaran Integrasi Nilai-nilai Keislaman dan Kasundaan dalam Pengajaran Mata Kuliah Penglingsosbudtek pada Program Studi PPKN FKIP Universitas Pasundan

elan elan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2018

Abstract

Nilai-nilai keislaman dan kasundaan sangat tepat sekali dijadikan sebagai bagian dari isi pendidikan ilmu pengetahuan sosial yang disampaikan secara integratif melalui pengajaran Penglingsosbudtek. Metode dalam penelitian ini mengguganakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) dalam hal ini pendidikan nilai, moral dan agama merupakan suatu program pendidikan yang harus dikenal, diresapi, diinternalisasi dan diamalkan oleh seluruh guru dan siswa, agar menjadi manusia yang utuh dan berjiwa sosial. Sehingga manusia yang utuh adalah manusia kaffah, dalam arti satunya niat, ucap, fikir, perilaku dan tujuan yang direalisasikan dalam hidup bermasyarakat dan itu semua diperhadapkan kepada Allah SWT. 2) Terjadi integrasi nilai-nilai keislaman ke dalam materi penglingsosbudtek. 3) Materi penglingsosbudtek tidak gersang dari nilai-nilai keislaman, materi penglingsosbudtek sesuai dengan central values. 4) Proses kegiatan belajar-mengajar integrasi nilai-nilai keislaman ke dalam materi penglingsosbudtek di samping memperhatikan perencanaan, juga memperhatikan beberapa hal berikut ini sehingga kegiatan belajar mengajar tersebut menjadi lebih efektif. 5) Hambatan pada mahasiswa yang kesulitan berinteraksi dengan dosen yang mengintegrasikan nilai keislaman ke dalam materi penglingsosbudtek karena adanya kesulitan memahami tafsir Al-Qur'an dan lain-lain, maka dosen memberikan kursus singkat tafsir Al-Qur'an untuk memudahkan pemahaman mahasiswa terhadap nilai keislaman yang terintegrasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

civicedu

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang digagas dan didirikan dengan tujuan sebagai media publikasi hasil riset dan pengembangan Ilmu dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal ini berfungsi sebagai media diseminasi gagasan, kajian dan hasil ...