EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Volume 1 Nomor 1 Oktober 2021

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Edukatif Puzzle Dari Daur Ulang Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar

Surya Surya (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Yusri Bachtiar (Universitas Negeri Makassar)
Herlina Herlina (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah diberikan treatment  melalui kegiatan puzzle dari daur ulang kelompok B pada usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Citra Kecamatan Tallo Kota Makassar dan ada atau tidak pengaruh kegiatan bermain Puzzle terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Citra. Pendekatan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental yang meliputi tahap pre-test, treatment dan post-test, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun populasi berjumlah 36 anak didik dan sample yang digunakan yaitu random samplingdengan 12 orang anak dan 3 tenaga pendidik desain penelitian yaitu one grou pre-test post-test desain. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis statistic parametric (Paired Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perkembangan kognitif anak pada post-test dan pre-test berbeda. Hasil pengujian paired  menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan bermain puzzle daur ulang terhadap perkembangan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar kelompok B. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUSTUDENT

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope Jurnal adalah 1. Administrasi Pendidikan 2. Bimbingan dan Konseling 3. Pendidikan Luar Biasa 4. Pendidikan Luar Sekolah 5. Teknologi Pendidikan 6. Pendidikan Guru Sekolah ...