EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Volume 1 Nomor 2 Januari 2022

Penerapan Teknik Kolase Dengan Media Nyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok-B

Nur Syamsi (TK Negeri Pembina Benteng No. 25 Kepulauan Selayar)
Muhammad Yusri Bachtiar (UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)
Ita Rostia Ichsan (UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

This study aims to determine how the application of collage techniques in improving the fine motor development of students at Pembina Benteng State Kindergarten. This research was conducted at Pembina Benteng State Kindergarten for 2 months covering planning, implementation, observation and reflection. The research method in this study used classroom action research methods with descriptive statistical data analysis techniques. The learning model uses a center model with the theme of plants, sub-themes of fruit plants. The results showed that by applying the collage technique using real media, children's fine motor development can develop well, this can be seen from the results of the development of 10 children. developing, 1 child who is at the stage of developing as expected and 9 children who are at the stage of developing very well.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik kolase dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak didik pada TK Negeri Pembina Benteng. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Benteng selama 2i ibulan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Model pembelajaran menggunakan model sentra dengan tema tanaman sub tema tanaman buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan teknik kolase menggunakan media nyata, perkembangan motorik halus anak dapat berkembang dengan baik, hal ini terlihat dari hasil perkembangan dari 10 orang anak Pada Siklus 2 hari ke 5 diketahui bahwa tidak ada anak yang berada pada tahap belum berkembang dan mulai berkembang, 1 anak yang berada pada tahap berkembang sesuai harapan dan 9 anak yang berada pada tahap berkembang sangat baik..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUSTUDENT

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope Jurnal adalah 1. Administrasi Pendidikan 2. Bimbingan dan Konseling 3. Pendidikan Luar Biasa 4. Pendidikan Luar Sekolah 5. Teknologi Pendidikan 6. Pendidikan Guru Sekolah ...