TECHSI - Jurnal Teknik Informatika
Vol 13, No 2 (2021)

SISTEM PENDETEKSIAN POLA DHAMIR RAFA’ MUTTASHIL PADA CITRA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ASSOCIATIVE MEMORY (FAM)

Wahyu Fuadi (Universitas Malikussaleh)
Risa Wandi (Universitas Malikussaleh)
Maulana Amri (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup kaum muslim yang berisikan firman Allah SWT yang tersusun dalam bahasa Arab. Untuk memahami arti dalam kandungan bahasa Arab kita perlu menterjemahkan buku-buku berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu mempelajari ilmu Sharaf dan ilmu Nahwu adalah sangat penting. Dalam penelitian ini, penulis mengembangkan sistem yang menggunakan kombinasi citra surat Al-Qur’an pada surah As-Sajdah sebagai input data untuk mendapatkan pola dhamir rafa’ muttashil. Citra yang diuji nantinya akan terdeteksi bagian-bagian mana yang terkandung dhamir rafa’ muttashil didalamnya, sehingga pengguna dapat dengan mudah membaca dan memahami pola huruf dhamir rafa’ muttashil. Dalam penelitian ini menggunakan 14 pola dhamir rafa’ muttashil dengan metode algoritma Fuzzy Associative Memory (FAM) yang diukur unjuk kerjanya berdasarkan nilai sensitive yang berbeda. Hasil pengujian menunjukan bahwa keakuratan sistem ini sebesar 58%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

techsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Focus and Scope The fields covered in the scope of TECHSI include: Artificial Intelligence Computer Graphics and Animation Image Processing Cryptography Computer Network Security Modelling and Simulation Information Retrieval Information Filtering Multimedia Bioinformatics and Telemedicine Computer ...