JURNAL TALENTA
Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013

PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ihsan Widiantono (02)
Herlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2020

Abstract

Kenyataan di lapangan masih ada guru yang menjelaskan terlalu formal terfokus pada uraian tanpa menggunakan sarana dan prasarana sehingga pelajarn tersebut tidak menarik bagi anak-anak. Kenyataan di lapangan masih ada guru yang menjelaskan terlalu formal terfokus pada uraian tanpa menggunakan sarana dan prasarana sehingga pelajarn tersebut tidak menarik bagi anak-anak. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Awaluddin Pekanbaru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model diskriptif, penelitian diskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan merefresikan objek sesuai dengan keadaan yang scsungguhnya dan apa adanya, tidak ada penambahan dan pengurangan. Tercapainya hasil yang maksimal dalam pembelajaran Matematika di Taman Kanak-Kanak, guru harus mengasah kemampuannya dan -nengembangkan metode pembelajaran berhitung yang dapat menarik minat anak serta memunculkan rasa keingintahuannya (curiosity). Maka pembelajaran yang efektif untuk Matematika pada aspek berhitung adalah melalui pendekatan RealisticMathematic Education.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...