JURNAL TALENTA
Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013

HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

Ihsan Widiantono (02)
Haza Fitri Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk hubungan keterampilan sosial dengan perkembangan kepribadian anak usia 4-5 Tahun di TK Langit Biru Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan korelasi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas A1dan A2 TK Langit Biru Pekanbaru yang berjumlah 32 anak dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, jadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas A1 dan A2 TK Langit Biru Pekanbaru yang berjumlah 32 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial anak dan perkembangan kepribadian anak dimana diperoleh nilai r hitung = 0,618 dan hasil uji t didapat t hitung = 4,16. Nilai t hit positif ini menunjukkan bahwa bila keterampilan sosial anak berkembangan dengan baik maka kepribadian anak akan berkembangan baik juga. Implikasi dari penelitian ini adalah keterampilan sosial anak sangat berhubungan dengan perkembangan kepribadian anak untuk itu sebaiknya pihak sekolah atau tenaga pengajar, dapat mengembangkan keterampian sosial anak, karena keterampilan sosial ini akan mempengaruhi perkembangan kepribadian anak atau karakter anak

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...