Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan minat belajar dengan menerapkan pembelajaran Turnamen Teams Games. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pangkalan Kerinci pada semester genap tahun akademik 2016/2017, yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Di akhir setiap siklus, gim akan diimplementasikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase minat belajar pada siklus I hanya sebesar 60,71% meningkat 81,24% pada siklus II dan 87,49% pada siklus III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pangkalan Kerinci pada semester genap tahun akademik 2016/2017.
Copyrights © 2018