Generasi Z adalah generasi anak-anak dari orang tua yang merupakan Gen millenial , mereka membawa beberapa sifat bawaan Millenial antara lain setia, tegas, bertanggungjawab dan perduli namun bedanya GEN Z lebih memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi serta cenderung untuk berjuang keras demi memperoleh identitas dirinya dan mendapatkan pengakuan dari orang lain (Chillakuri Mahanandia, 2018) dan Gen Z juga berkontribusi 85% dari total transaksi (KIC-Kredivo, 2020). Lebih lanjut, pemerintah saat ini tengah fokus dalam pemulihan ekonomi nasional yang turun karena pandemik Covid-19 yang belum mereda. Generasi Z yang diharapkan menjadi bonus demografi tenaga kerja beberapa tahun kedepan, sebaiknya sebagaimana dalam penelitian Mahanandia yang menyarankan bahwa bakat GEN Z perlu dikembangkan, oleh karena itu sangat tepat untuk membekali siswa/I SMK yang faktanya merupakan GEN Z dengan motivasi pengembangan potensi diri untuk menjalankan bisnis di era digital dan juga mengasah logika berfikirnya dengan statistik sebagai alat analisis bisnis. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan tujuan membuka wawasan siswa/i untuk mengenali potensi diri, membangun bisnis yang berawal dari hobi sendiri, serta memperkenalkan siswa pada data statistic. Tidak hanya itu saja, melalui kegiatan ini siswa juga akan diajarkan bagaimana cara membangun bisnis di era digital, dengan demikian diharapkan siswa memiliki daya saing yang baik serta mampu berkontribusi tidak hanya untuk diri sendiri dan keluarga, namun masyarakat sekitarnya
Copyrights © 2022