Journal Islamic Economics Ad Diwan
Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN

EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM PENGEMBANGAN BISNIS PADA BMT ARTHA JAYA BABELAN BEKASI UTARA

Emmy Hamidiyah (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan Islam Mr. Sjafruddin Prawiranegara Jakarta)
Dimas Eldin Saputra (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan Islam Mr. Sjafruddin Prawiranegara Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran terbaik seperti apa yang digunakan dalam memasarkan produk–produk BMT Artha Jaya dalam menyikapi beberapa masalah yang dihadapi. Lalu langkah solutif apa yang dipilih dalam menyikapi fenomena permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni sebuah penelitian dengan cara mengambil data dari lapangan di objek yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya strategi pemasaran itu dipengaruhi oleh dua permasalahan yaitu faktor internal dan eksternal objek penelitian. Faktor–faktor eksternal meliputi eksistensi BMT, tingkat persaingan dengan kompetitor, minat masyarakat terhadap aktivitas wirausaha dan menabung daya menabung masyarakat yang rendah. Sedangkan faktor permasalahan internal yang menghambat strategi pemasaran agar efektif adalah tingkat kualitas SDM yang belum maksimal, upaya promosi yang kurang inovatif, dukungan sarana dana prasarana yang kurang memadai, dan belum menyesuaikan tren digitalisasi dalam lingkup pemasaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

addiwan

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal Islamic Economics Ad Diwan; Institut Ummul Quro Al-ISlami Bogor adalah jurnal penelitian dalam disiplin ilmu ekonomi islam dan masalah ekonomi syariah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi baru atau state-of-the-art untuk pengembangan akademik atau aplikasi dunia nyata atau keduanya. ...