Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 12 No. 2 (2022)

TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIYAH

Rina - Kurniawati (Universitas Jambi)
Mujiyono - Wiryotinoyo (Universitas Jambi)
Kamarudin Kamarudin (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur ilokusi guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dan fungsi yang mengikat tindak tutur ilokusi guru dan peserta didik baik tindak tutur ilokusi asertif, direktif, ekspresif, komisif, maupun deklaratif pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Manfaat teoretis mengembangkan ilmu pengetahuan tentang tindak tutur ilokusi dalam pembelajaran. Manfaat praktisnya adalah memperkaya wawasan dalam tindak tutur guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan situasi percakapan di dalam kelas pembelajaran bahasa Indonesia. Data penelitian percakapan guru dan peserta didikĀ  pada pembelajaran bahasa Indonesia y. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan semua fungsi tindak ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif ditemukan pada saat pembelajaran di kelas. Tindak ilokusi yang mengikat pada tuturan guru dan peserta didik adalah tindak tutur ilokusi direktif. Hendaknya sivitas akademik mulai dari guru dan tenaga kependidikan mampu menggunakan tindak tutur ilokusi direktif dengan tepat dalam aktivitas di lingkungan sekolah/ madrasah untuk meningkatkan kompetensi berkomunikasi secara lisan demi mewujudkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...