Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Analisis Hubungan Sosial-Ekonomi dan Pengetahuan Kebencanaan dengan Perilaku Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kecamatan Buleleng

Ayu Verayanti (Universitas Pendidikan Ganesha)
Putu Indra Christiawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
A. Sedyo Adi Nugraha (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Covid-19 yang menyerang dunia memberikan dampak negatif dalam berbagai hal salah satunya tingginya angka mortalitas di seluruh dunia. Pengetahuan mengenai penanganan dan perilaku pencegahan menjadi kunci dalam upaya pencegahan Covid-19.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis hubungan sosial-ekonomi dengan perilaku pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Buleleng, 2) Menganalisis hubungan pengetahuan kebencanaan dengan perilaku pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Buleleng. Populasi penelitian ini masyarakat di Kecamatan Buleleng. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah responden 100 orang. Rancangan penelitiannya deskriptif korelasi dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara terstruktur berupa kuesioner. Analisis data yakni univariat dan bivariat uji chi square tingkat signifikansi 95% dengan df= 3,84. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan perilaku pencegahan penyebaran Covid-19 dengan nilai Chi Square 14,439,  2) Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan kebencanaan dengan perilaku pencegahan penyebaran Covid-19 dengan nilai Chi Square 21,782 . Sedangkan pekerjaan dan pendapatan tidak memiliki hubungan dengan perilaku pencegahan penyebaran Covid-19. Hasil penelitian hubungan pengetahuan dengan perilaku pencegahan Covid-19 sejalan dengan penelitian terdahulu, sedangkan sosial-ekonomi dengan perilaku pencegahan terdapat perbedaan hasil penelitian yang disebabkan oleh kuisioner penelitian ataupun jumlah sampel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...