Kualitas pendidikan merupakan salah satu indikator kemajuan suatu negara. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa dan kualitas hasil belajar bagi siswa. Pembelajaran online menjadi salah satu penyebab menurunnya hasil belajar siswa. Diskusi siswa di kelas belum terlalu aktif karena belum memahami isi materi. Penelitian ini dilaksanakan di Mata Kuliah Evaluasi Program Fakultas Teknik. Sampel penelitian yang digunakan 60 responden yang terbagi menjadi 2 kelas. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan flip-flop membuat pertemuan kelas menjadi lebih produktif dan bermakna. Siswa dapat menguasai materi dengan kecepatan mereka sendiri, fleksibel namun bertanggung jawab, dan memiliki kebebasan untuk belajar secara mendalam, berdasarkan pengumpulan data di dalam kelas dan proyek yang sedang berlangsung di luar kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelas flipedd clasroom yang terintegrasi dengan 4C (berpikir kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi) berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Secara keseluruhan, temuan menunjukkan bahwa pembelajaran dari penilaian kurikulum dapat digunakan dengan model flipped classroom sebagai strategi yang efektif untuk memaksimalkan tanggung jawab siswa dalam mengeksplorasi materi pembelajaran, berlatih untuk tetap termotivasi dan tertarik untuk menghasilkan proyek yang maksimal.
Copyrights © 2022