ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
Vol 7, No 1 (2022)

Analisis Strategi untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan pada Jasa Audit Sertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001: Basct PT Intertek Utama Services-Jakarta

Sabar Iman T Kembaren (Sekolah Pascasarjana, Universitas Pancasila, Jakarta)
Derriawan Derriawan (Sekolah Pascasarjana, Universitas Pancasila, Jakarta)
Mombang Sihite (Sekolah Pascasarjana, Universitas Pancasila, Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis strategi peningkatan kinerja perusahaan yang mencakup kapabilitas tenaga penjual, kompetensi tenaga auditor dan reputasi organisasi melalui keunggulan kompetitif baik secara langsung maupun tidak langsung pada pelayanan jasa audit sertifikasi sistem manajemen mutu (ISO 9001) dan sistem manajemen lingkungan (ISO 14001) pada unit bisnis BASCT PT Intertek Utama Services Jakarta. Sampel penelitian 73 responden pelanggan yang sudah pernah menggunakan jasa audit sistem manajemen mutu dan audit sistem manajemen lingkungan atau keduanya, untuk fokus grup diskusi terdiri dari 2 anggota manajemen unit bisnis BASCT PT Intertek Utama Services, 2 konsultan, 2 anggota Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia (ALSI) dan 2 anggota Asosiasi Ahli ISO Indonesia (IIEA). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan fokus grup diskusi. Teknik analisis data menggunakan analisis Model Persamaan Struktural yang diolah dengan software SmartPLS versi 3 dan analisis data kualitatif menggunakan matriks Internal-Eksternal (IE), Matrik Profil Kompetisi (CPM), KekuatanKelemahan-Peluang-Ancaman-Threat (SWOT) dan Matriks Perencanaan Strategis Kuantitatif (QSPM). Hasil penelitian membuktikan bahwa kapabilitas penjualan tidak berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan. Kompetensi tenaga auditor berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan. Reputasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif sementara berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kapabilitas tenaga penjual, kompetensi tenaga auditor, dan reputasi organisasi melalui keunggulan kompetitif tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hasil analisis kualitatif berisi 19 rencana aksi strategi yang direkomendasikan kepada manajemen unit bisnis BASCT PT Intertek Utama Services Jakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

probank

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Economics, Corporate Governance, Industrial Relations, And emerging paradigms in allied subjects like Accounting, ...