ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
Vol 7, No 1 (2022)

Pengaruh Influencer Marketing dan Strategi Omni-Channel Terhadap Purchase Intention Konsumen pada Sociolla

Rieza Nur Alifa (Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)
Marheni Eka Saputri (Dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Fenomena wabah pandemi COVID-19 serta terbatasnya mobilitas masyarakat Indonesia sudah menimbulkan pengurangan atas sosialisasi secara tatap muka pelaku usaha dalam melaksanakan roda ekonomi serta niaga yang berakibat tingkat minat konsumsi dan metode belanja masyarakat yang semula konvensional bergeser ke belanja online melalui e-commerce. Pertumbuhan teknologi dikala ini, menuntut perusahaan e-commerce untuk adaptif dalam berbagai situasi dengan salah satu cara dapat mengembangkan bisnisnya dalam berbagai macam saluran pembelian misalnya saluran offline atau saluran online atau dapat disebut omnichannel. Sociolla mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan berbagai saluran terintegrasi atau strategi omnichannel agar dapat bertahap dalam persaingan terutama dalam pandemi Covid-19 saat ini. Namun, dewasa ini realitanya dominan orang yang belum mengetahui bahwa Sociolla memiliki kedua saluran tersebut sehingga Sociolla menggunakan media pemasaran dengan melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan Influencer pada platform Youtube. Penelitian bermaksud untuk mengetahui pengaruh Influencer Marketing dan strategi Omnichannel terhadap Purchase Intention konsumen pada Sociolla. Metode yang diimplementasikan pada penelitian ini yakni metode kuantitatif, dengan kriteria penelitian deskriptif dan kausal. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan total 100 responden. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dilakukan dengan cara mendistribusikan kuesioner secara daring melalui google form. Analisis deskriptif dan analisis regresi berganda yang menggunakan alat analisis SPSS versi 24 merupakan teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini dapat dibuktikan yakni melalui analisis deskriptif terhadap influencer marketing memperoleh hasil sebesar 65,34% masuk kedalam kategori cukup baik, strategi omnichannel sebesar 71,40% masuk kedalam kategori baik dan untuk purchase intention sebesar 72,18% masuk kedalam kategori baik. Hasil akhir yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R²), diperoleh nilai 0,737. Dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa Influencer Marketing (X1), dan Strategi Omnichannel (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention (Y) konsumen baik secara parsial maupun simultan dengan pengaruh total sebesar 73,7% sedangkan 23,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

probank

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Economics, Corporate Governance, Industrial Relations, And emerging paradigms in allied subjects like Accounting, ...