Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 3 (2022)

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP MATERI TEKS NONFIKSI

Yuliana Novitasari (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Kukuh Andri Aka (Universitas Nusantara PGRI Kediri, Jawa Timur, Indonesia)
Rian Damariswara (Universitas Nusantara PGRI Kediri, Jawa Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Latar belakang dari adanya penelitian ini adalah keinginan penulis untuk membuat media pembelajaran berbasis android yang mudah diakses kapan pun dan dimana pun, sehingga  diharapkan dapat menarik minat belajar siswa mengenai materi teks nonfiksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis android dan kearifan lokal terhadap materi teks nonfiksi. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Bendo Tulungagung dan SD Laboratorium Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Kesimpulannya dapat dilihat dari perhitungan statistik SDN 1 Bendo Tulungagung, didapatkan data bahwa nilai pearson correlation > nilai rtabel yaitu 0,580 > 0,433, maka data dari SDN 1 Bendo dikatakan valid. Sedangkan dari SDN Laboratorium Universitas Nusantara PGRI Kediri didapatkan data bahwa nilai pearson correlation < nilai rtabel yaitu nilai pearson correlation < nilai rtabel maka dapat ditulis 0,489 < 0,576. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis android dan kearifan lokal terhadap materi teks non fiksi. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...