Jurnal Pekommas
Vol 7, No 1 (2022): Juni 2022

Kualitas Pelayanan Publik Melalui E-Government dengan Aplikasi Tangerang Gemilang

Bahrul Syaepudin (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Adie Dwiyanto Nurlukman (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pelayanan publik melalui aplikasi E-Government Tangerang Gemilang. Aplikasi Tangerang Gemilang merupakan inovasi pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan publik, pelaporan, dan pengaduan dari warga, organisasi, dan instansi pemerintah. Layanan yang terkesan kaku kemudian melalui penggunaan E-Government menjadi lebih fleksibel, efektif, dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dan diperoleh melalui studi kepustakaan, dokumentasi, wawancara, dan observasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya sinergitas antar instansi atau instansi yang ada di pemerintah Kabupaten Tangerang dalam menjalankan e-government dan rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam penggunaan aplikasi Tangerang Gemilang serta penanganan pelayanan yang belum optimal. dikarenakan belum adanya integrasi aplikasi yang baik antar organisasi perangkat daerah di Aplikasi Tangerang Gemilang. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pekommas

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pekommas is a journal published by the BBPSDMP Kominfo Makassar with the aim of disseminating information on scientific developments in communication, informatics and mass media. The manuscript published in this journal is derived from research and scientific study conducted by researchers, ...