BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam
Vol 10, No 1 (2022): BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Analisis Variabel yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Makanan Halal Melalui GoFood Saat Covid-19

Adri 'Aunur Rahman (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Tati Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

AbstractThis research aims to find out and explain about the factors that influence halal food purchase decisions through GoFood during Covid-19. Quantitative methods are the methods used in this research. The population of this research were the Muslim community of GoFood service users in Jabodetabek during the Covid-19 pandemic. Samples were taken are 265 respondents with purposive sampling. This research used primary data and data collection techniques using questionnaires. The data analysis techniques used in this research are inner model and outer model with analysis tool used is SmartPLS. This research explains that the existence of halal labels on the GoFood application helps consumers in making purchasing decisions in GoFood, in other words halal labels have a significant effect. The quality of service in accordance with sharia rules and contactless delivery must be applied with the aim to improve the comfort of consumers, in other words the quality of service has a significant effect. Price will be considered by consumers to buy a product, but with the condition of Covid-19 even though the price listed is high still decide to use GoFood services, in other words the price has no significant effect.Keywords: Halal Food, Halal Label, Price, Purchase Decision, Quality Of ServiceĀ AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian makanan halal melalui GoFood saat Covid-19. Metode kuantitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah masyarakat muslim pengguna layanan GoFood di Jabodetabek selama pandemi Covid-19. Jumlah sampel yang digunakan adalah 265 orang dengan menggunakan metode purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah inner model dan outer model menggunakan SmartPLS. Penelitian ini menjelaskan bahwa dengan adanya label halal pada aplikasi GoFood membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian di GoFood, dengan kata lain label halal berpengaruh signifikan. Kualitas layanan yang sesuai dengan aturan syariah dan contactless delivery harus diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan para konsumen, dengan kata lain kualitas layanan berpengaruh signifikan. Harga akan menjadi pertimbangan para konsumen untuk membeli suatu produk, namun dengan kondisi Covid-19 walaupun harga yang tercantum tinggi tetap memutuskan untuk menggunakan layanan GoFood, dengan kata lain harga tidak berpengaruh signifikan.Kata kunci: Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Layanan, Label Halal, Makanan Halal

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Bisnis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis hadir dengan penulis-penulis yang memberikan kontribusi di berbagai bidang bisnis. Bisnis syariah memang sangat dianjurkan karena sejalan dengan prinsip ekonomi islam. ketika akan memulai sebuah bisnis maka penting untuk membuat pondasi yang kokoh terlebih dahulu. pondasi bisnis kita ...