JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
2014: Jipsindo No. 1, Volume 1, Maret 2014

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI BERBASIS MULTIKULTURAL

Musa Pelu, Herimanto, Triyanto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis karakter dapat diterapkan dalam pelaksanaan karakter kurikulum pendidikan multikultural di sekolah menengah pertama (SMP) di Surakarta sebagai upaya mencegah budaya kekerasan di Surakarta.Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) secara bertahap selama 3 (tiga) tahun. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif, tahun pertama dengan metode eksplorasi; tahun kedua dengan metode paparan, kelompok fokus, lokakarya, dan wawancara mendalam; tahun ke ketiga dengan metode pelatihan, model tes, evaluasi hasil pengujian, model direvisi dan ditingkatkan yang telah diuji, dan diseminasi hasil penelitian. Data yang dikumpulkan melalui informan, tempat dan peristiwa serta dokumen/file, atau melalui kelompok fokus, dan dianalisis dengan model interaktif.Hasil penelitian, yaitu: (1) guru telah menerapkan pembelajaran berbasis karakter multikultural melalui metode diskusi, simulasi, games, pelayanan masyarakat, pengamatan. Namun, sebagian besar guru kurang memahami konsep pendidikan multikultural, (2) guru dan stakeholder sangat mendukung rencana pembelajaran karakter berbasis multikultural, (3) perilaku pembelajaran telah dilaksanakan dengan berbasis multikultural melalui proses pembelajaran, pembiasaan, dan modeling. Pembiasaan dan pemodelan yang dilakukan oleh semua sekolah, (4) masih banyak hambatan dari siswa, guru/staf administrasi-karyawan, lingkungan sekitar sekolah, dana, sarana dan prasarana, kepala sekolah, orang tua, serta kebijakan pemerintah.Kata kunci : budi pekerti, karakter, multikultural, kekerasan

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jipsindo

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JIPSINDO, an academic journal that centered in social studies i.e social education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), moral education, and multicultural education. We are interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of ...