Semesta Teknika
Vol 25, No 1 (2022): MEI 2022

Pengembangan Perangkat Lunak Elemen Hingga untuk Keperluan Pendidikan

Agung Premono (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta)
Ahmad Kholil (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta)
Hidayat Hidayat (Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta)
Dendy Saputra (Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Metode elemen hingga adalah salah satu mata kuliah wajib pada hampir seluruh jurusan Teknik mesin di Indonesia. Pembelajaran mata kuliah ini biasanya dibantu menggunakan perangkat lunak komersial. Tetapi, penggunakan perangkat lunak komersial menyebabkan mahasiswa hanya memahami bagaimana menggunakan perangkat lunak tanpa memahami persamaan matematika dan bagaimana proses penyelesaiannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat lunak yang memungkinkan mahasiswa tetap memahami prosedur penyelesaian secara matematika dalam menyelesaikan sebuah masalah. Pengembangan perangkat lunak dilakukan dengan bahasa pemrograman MATLAB. Elemen truss dan aksisimetri digunakan sebagai contoh untuk implementasi pengembangan perangkat lunak. Hasil perhitungan perangkat lunak divalidasi dengan hasil perhitungan yang dilakukan dengan perangkat lunak LISA. Hasil validasi menunjukkan bahwa hasil perhitungan perangkat lunak yang dikembangkan memiliki tingkat kesalahan dibawah 1 % dibandingkan dengan hasil perhitungan perangkat lunak LISA. Dengan demikian maka perangkat lunak hasil pengembangan telah bekerja dengan benar. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

st

Publisher

Subject

Engineering

Description

SEMESTA TEKNIKA is a reputable refereed journal devoted to the publication and dissemination of basic and applied research in engineering. SEMESTA TEKNIKA is a forum for publishing high quality papers and references in engineering science and technology. The Journal is published by the Faculty of ...