Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 22, No 1 (2022)

Pengembangan Media Job Sheet dengan Video Tutorialnya untuk Matakuliah Teknologi Sepeda Motor

Wadirin Wadirin (Pendidikan Teknik Mesin, FKIP, Universitas Sriwijaya)
Dewi Puspita Sari (Unknown)
Imam Syofii (Pendidikan Teknik Mesin, FKIP, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Peningkatkan kualitas proses pembelajaran pada matakuliah Teknologi Sepeda Motor membutuhkan media pembelajaran yang interaktif. Oleh karena itu, studi ini bertujuan mengembangkan media job sheet dengan video tutorialnya untuk matakuliah teknologi sepeda motor. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan berdasarkan teori Richey Klien. Tahapan penelitian ini ada tiga: analisis; perancangan; pengembangan; dan evaluasi. Tahap evaluasi mengadopsi Tessmer, yaitu: validasi ahli, one to one evaluation, small group, dan field test. Media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kurikulum Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Berdasarkan hasil, kualitas media pembelajaran dikategorikan sangat baik dilihat dari tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penilaian ahli materi dan media secara konsisten mengkategorikan sangat valid. Kemudian, hasil penilaian dosen dan mahasiswa secara konsisten mengkategorikan dalam kategori sangat praktis. Nilai efektivitas performanse praktik kelas kontrol sebesar 78.5 % dan kelas ekperimen sebesar 88.4 %. Penggunaan media job sheet berbantuan video tutorial di kelas ekperimen lebih efektif dari kelas kontrol yang tidak menggunakan media job sheet berbantuan video tutorial.

Copyrights © 2022