Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan upaya dalam mengoptimalisasi pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam menumbuhkan kesadaran ekologis. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi fenomenologis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dilakukan oleh lingkungan pendidikan, yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat, yang mana ketiganya mempengaruhi kesadaran ekologis anak melalui pola pengajaran orang tua, tata tertib sekolah, dan perkembangan kognitif anak sendiri.Kata kunci: lingkungan, sumber belajar, optimalisasiAbstract: The purpose of this study is to explain efforts in optimizing the utilization of the natural environment as a learning resource in fostering ecological awareness. This study, using qualitative approach with phenomenological study research type. The data collection techniques in this study were observations, interviews, and document. Data analysis techniques are carried out through three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study show that efforts to use the natural environment as a learning resource are carried out by the educational environment, which includes the family, school, and community environment, all of which affect the child's ecological awareness through parental teaching patterns, school discipline, and the cognitive development of the child himself.Keywords: environment, learning resource, optimalization
Copyrights © 2022