Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE)
Vol 8, No 1 (2022): IJSE 2022

Analisis Digital Marketing Website Hompimpaa.id Menggunakan Metode Analisis SWOT, Value Proposition Canvas, dan Competitive Five Force

Zanuar Rifai (Universitas Amikom Purwokerto)
Dwiki Agung Witriantino (Universitas Amikom Purwokerto)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

 Hompimpaa.id merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Jasa yang ditawarkan berupa jasa bimbingan parenting untuk orang tua dan anak-anak usia 3-9 tahun. Hompimpaa.id menggunakan aplikasi berbasis website untuk melakukan pemasaran dan mengenalkan produknya mulai dari e-book, buku parenting dan video permainan dan pembelajaran untuk anak. Cara pemasaran yang digunakan oleh hompimpaa.id dalam mengenalkan jasanya ke masyarakat luas yaitu dengan cara pemasaran secara digital atau digital marketing. Masalah yang dihadapi oleh hompimpaa.id adalah belum adanya patokan dalam untuk membuat konten yang nantinya akan dipasarkan di sosial media. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tiga metode yang berbeda yang betujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi start-up hompimpaa.id dan membuat strategi digital marketing untuk hompimpaa.id. Metode yang digunakan adalah analisa SWOT, Value Proposition Canvas, dan Competitive Five Force. Hasil dari analisis penelitian ini yaitu berupa strategi digital marketing berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan.Kata kunci: Hompimpaa.id, Digital Marketing, Anilisa SWOT, Value Proposition Canvas, Competitive Five Force Hompimpaa.id is a company engaged in the service sector. The services offered are parenting guidance services for parents and children aged 3-9 years. Hompimpaa.id uses a website-based application to do marketing and introduce products ranging from e-books, parenting books and video games and learning for children. The marketing method used by hompimpaa.id in introducing its services to the wider community is by means of digital marketing or digital marketing. The problem faced by hompimpaa.id is that there is no benchmark in creating content that will later be marketed on social media. In this study, researchers used three different methods aimed at analyzing internal and external factors that affect hompimpaa.id start-ups and creating digital marketing strategies for hompimpaa.id. The method used is SWOT analysis, Value Proposition Canvas, and Competitive Five Forces. The results of the analysis of this research are in the form of a digital marketing strategy based on the results of the analysis that has been done.Keywords: Hompimpaa.id, Digital Marketing, SWOT Analysis, Value Proposition Canvas, Competitive Five Force

Copyrights © 2022