Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Model A-DIE Tema Kayanya Negriku Kelas IV SDK Kari-tas 3 Surabaya

Praera Heroel (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)
Rufi’i Rufi’i (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)
Leksono Ibut Priono (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran buku ajar tematik “Kayanya Negriku” kelas IV SDK Karitas 3 Surabaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penilaian dari bahan ajar yang dikembangkan telah dinilai oleh 3 dosen ahli dibidangnya yakni dosen ahli materi memiliki total rata-rata 4,6 dan persentase 85,6. Sedangkan untuk dosen ahli desain memiliki total rata-rata 4,75 dan persentase 94,8 serta dosen ahli ahli media memiliki total rata-rata 4,28 dan persentase 85,7. Selain itu diujicobakan pada kelompok kecil telah mencapai kategori rata-rata yang sangat baik dengan skor 4,6 dari maksimal skor >4,2 dan persentase kelayakan 91,2 telah mencapai kategori sangat layak diujicobakan ke kelompok besar. Pada uji coba kelompok besar dengan perolehan nilai rata-rata skor 5 termasuk dalam kategori sangat baik serta nilai persentase skor 92 telah mencapai kategori yang sangat layak. Produk yang dikembangkan sangat praktis dan layak digunakan pebelajaran di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...