Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2: Juni 2022

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA

Rini Sri Indriani (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Hubungan Efikasi Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan interaksi sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 07 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 78 siswa dengan jumlah sampel 44 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien jalur (rxy) 0,408 dalam pola Ŷ= 54,21+0,449x yang berarti tingkat hubungan dalam penelitian ini tergolong rendah. Besar hubungan efikasi diri dengan interaksi sosial siswa ditunjukkan pada koefisien determinasi (r²) 0,17 atau 17% dan sisanya 83% ditentukan oleh faktor lain. Adapun perhitungan pengujian hipotesis menghasilkan thitung 2,895 > ttabel 2,085 dengan taraf nyata 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 07 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Kata Kunci: Efikasi Diri dan Interaksi Sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...