Multikulturalisme di Indonesia kembali muncul ke permukaan pada tahun 2002. Hal ini sejalan dengan digulirnya reformasi 1998. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi literatur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai multikulturalisme di Indonesia. Adapun hasil yang artikel ini pertama, praktek pendidikan multikultural di Indonesia dilaksanakan secara fleksibel dengan mengutamakan prinsip-prinsip dasar multikultural sesuai dengan tujuan umum pendidikan multikultural. Kedua, Pola pendidikan di Indonesia memilih cara penyeragaman dengan standar kultural Indonesia yaitu kultur yang dibawa oleh birokrasi yang dikendalikan elit pemerintah yang harus dilaksanakan dan dipatuhinya. Ketiga, Pendidikan Multikultural Indonesia, dapat dilihat dari berbagai aspek orientasi yaitu : Pada tataran politis diarahkan pada pengembangan dan penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai nation state. Pada tataran kultural, pendidikan multikultural, diorientasikan pada pengembangan kesadaran pengakuan, penerimaan dan penghargaan terhadap pluralitas dan multikulturalis nilai dan norma dalam masyarakat.
Copyrights © 2022