Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari-Juni 2022

Stres Akademik Siswa Selama Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling

Wahfiuddin - Rambe (Universitas Islam Negeri SUmatera Utara)
Suhairi Suhairi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang stres akademik siswa selama pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat serta implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran stres akademik yang dialami oleh siswa di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat selama mengikuti pembelajaran daring, (2) untuk mengetahui bagaimana implikasi Bimbingan dan Konseling dalam menangani siswa yang terindikasi mengalami stres akademik. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan datanya dengan wawancara dan analisis datanya secara kualitatif. Adapun alasannya menggunakan jenis penelitian ini adalah karena penulis ingin menggali secara maksimal dan mendalam tentang stres akademik yang dialami oleh siswa selama mengikuti pembelajaran secara daring akibat pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stres terjadi karena siswa tidak mampu mengatasi kesulitan dan hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran daring. Stres yang dialami siswa termasuk stres negatif sebab memberi dampak buruk pada diri siswa tersebut. Stres yang dialami siswa terlihat pada aspek fisik, kognitif, afektif, dan konatif. Sedangkan faktor penyebab stres pada siswa selama pembelajaran daring terdiri atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi, kemampuan, kecerdasan, dan kepribadian seseorang. Sedangkan faktor eksternal meliputi, tuntutan dari sekolah dan orang tua serta ketersediaan fasilitas yang menunjang pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...