Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari-Juni 2022

Efektivitas Layanan Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Regulation dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Hanun Qothrunnada Mudiantoro (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Abdul Muhid (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Masa pandemi Covid-19 seperti PSBB dan PPKM memunculkan banyak perubahan pada sektor pendidikan, seperti kegiatan belajar-mengajar hingga layanan bimbingan sekolah dilaksanakan secara virtual. Kebijakan untuk sekolah dari rumah membuat siswa harus beradaptasi dengan situasi dan suasana baru. Ketidakmampuan siswa dalam beradaptasi menimbulkan problem akademik dan kesehatan mental, seperti stress dan menurunnya motivasi belajar siswa. Banyaknya problematika yang muncul selama pandemi ini menjadi tantangan baru bagi guru-guru layanan bimbingan dan konseling sekolah, salah satunya yakni menggunakan bimbingan konseling kelompok dengan teknik self-regulation demi meningkatkan motivasi belajar siswa. Riset ini memiliki tujuan guna melihat efektivitas layanan bimbingan konseling kelompok dengan teknik self-regulation demi meningkatkan motivasi belajar siswa, melalui metode kualitatif literature review. Hasil literature review menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling kelompok dengan teknik self-regulation  terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...