JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022

Model Pengembangan Bahan Ajar Tasawuf Berbasis Internalisasi Nilai-Nilai Karakter di Pondok Pesantren MTI Pasia

Hafiz Azhari (Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
Darul Ilmi (Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat tantangan yang dihadapi oleh pesantren saat ini baik eksternal maupun internal. Salah satu tantangan internal tersebut adalah perancangan dan penyusunan materi terhadap kebutuhan peseta didik. Materi yang tersusun belum menyentuh pada tingkatan internalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari, hal ini terbukti dengan susunan materi tersebut baru menyentuh pada tingkatan tahap pengenalan nilai-nilai dan norma. Berdasarkan hal tersebut peneliti memfokuskan penelitian pada kajian tentang pengembangan bahan ajar tasawuf yang dikembangkan dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter ke dalam materi tasawuf tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas bahan ajar tasawuf yang telah dikembangkan melalui internalisasi nilai-nilai karakter yang terdapat pada bahan ajar yang di gunakan di pondok pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Pasia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian reseach and development (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) pendefenisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop) dan (4) uji coba (disseminate). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah berupa bahan ajar tasawuf yang diinternalisasikan dengan nilai-nilai karakter. Produk yang dihasilkan dilakukan uji validasi, uji prkatikalitas dan uji efektifitas secara terstruktur dan bertahap. Bahan ajar tasawuf yang telah dikembangkan mempunyai validasi dengan nilai yang diperoleh dari rata-rata keseluruhan adalah 94,78% dan dinyatakan valid. Sedangkan uji praktikalitas dengan nilai yang diperoleh dari rata-rata keseluruhan adalah 88,55% dan dinyatakan sangat praktis. Adapun hasil uji efektifitas dair bahan ajar tassawuf yang telah dikembangkan dengan kategori sangat efektif dengan nilai regresi sebesar 13,10% dan memiliki pengaruh 88,20% terhadap peningkatan hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...