JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022

Tingkat Kedisiplinan Anak yang Mengikuti Pramuka dengan yang Tidak Mengikuti Pramuka di SMA Negeri 3 Batanghari

Ridho Sapirman (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Akmal Sutja (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Freddi Sarman (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Disiplin merupakan sikap mental mengandung kerelaan untuk mematuhi semua ketentuan-ketentuan, peraturan-peraturan dan norma-norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan tangung jawab. Disiplin dengan melalui latihan siswa dapat mengatur dirinya sendiri dengan pelajaran yang diperolehnya. Jenis penelitian ini adalah jenis deskriptif karena penelitian ini bertujuan menjelaskan peristiwa atau kejadian yang ada pada masa sekarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Batanghari yang berjumlah adalah 110 orang. Dengan sampel sebanyak 70 orang melalui tehnik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui angket dengan skala dikhotomis dan diolah dengan rumus persentase. Hasil (1) tingkat kedisiplinan anak yang mengikuti pramuka di SMA Negeri 3 Batanghari berada pada tingkat tinggi (81%) artinya tingkat kedisiplinan anak yang mengikuti pramuka dengan disiplin tingkat tinggi dan (2) Tingkat kedisiplinan anak yang tidak mengikuti pramuka di SMA Negeri 3 Batanghari berada pada tingkat sedang (59%) artinya tingkat kedisiplinan anak yang tidak mengikuti pramuka dengan disiplin tingkat sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...