Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2022): Juni

Modul Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VI Sekolah Dasar

Ni Putu Dian Angga Monika Putri (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Kadek Suartama (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Kurangnya motivasi belajar terutama dalam masa pembelajaran jarak jauh atau daring disebabkan oleh kurangnya ketersediaan media ajar yang mampu mendukung aktivitas belajar daring. Tujuan penelitian untuk menciptakan modul pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ialah 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa sebagai responden uji coba perorangan dan 6 siswa uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi produk modul interaktif dinyatakan layak berdasarkan review ahli isi mata pelajaran memperoleh tingkat kelayakan sangat baik (92%), review ahli media pembelajaran memperoleh kelayakan sangat baik (90%), review ahli desain memperoleh kualitas sangat baik (90%), uji coba perorangan memperoleh tingkat kelayakan sangat baik (92,37%), dan uji coba kelompok kecil juga memperoleh kualitas sangat baik (92,13%). Oleh karena itu, media modul interaktif layak diterapkan dalam aktivitas belajar siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan guru tetap menggunakan modul interaktif untuk menunjang pembelajaran daring, sehingga siswa lebih mudah memahami materi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...