Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 5 No 2 (2022): Article Research Volume 5 Number 2, Juni 2022

PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN IKAN BAKAR GATSU PROBOLINGGO

Mufid Andrianata (Fakultas Ekonomi Universitas Panca Marga Probolinggo)
Judi Suharsono (Fakultas Ekonomi Universitas Panca Marga Probolinggo)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial, dan dominan antara variabel brand image, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen rumah makan ikan bakar Gatsu Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan variabel yang digunakan yaitu brand image, harga, dan lokasi sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang melakukan pembelian pada bulan februari 2022 pada rumah makan ikan bakar Gatsu Probolinggo sebanyak 502 orang. Pengambilan sampel sebanyak 50 responden. Metode analsisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, harga, dan lokasi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian, serta variabel yang paling berpengaruh (dominan) terhadap keputusan pembelian adalah variabel brand image. Hasil ini dibuktikan melalui uji hipotesis dengan thitung X1 sebesar 4,097, thitung X2 sebesar 2,762, dan thitung X3 sebesar 2,825 yang menunjukkan lebih besar dari ttabel yaitu 2,010.

Copyrights © 2022