ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 6, No 1 (2022): April

Pengaruh Word of Mouth (WOM), Pelayanan dan Kepercaaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen UD. Sri Mulyo Agung)

Rega Ariza Bayu Putra (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Heri Wijayanto (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Hadi Sumarsono (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2022

Abstract

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Word of Mouth (WoM), Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian UD Sri Mulyo Agung.” “Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh consumen bussiness yang melakukan pembelian di UD Sri Mulyo Agung.” “Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai anggota sampel.” “Hal ini dilakukan karena populasi yang relatif kecil.”” Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. “Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang telah diuji validitas dan reabilitasnya.” “Teknik Analisa data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.” “Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Word of Mouth (WoM) terhadap keputusan pembelian.” “Diperoleh nilai T hitung sebesar 3.947 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05.” “Hasil analisis regresi menunjukkan variabel Word of Mouth (WoM) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Variabel pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Diperoleh nilai T hitung sebesar 5.053 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05.” “Hasil analisis regresi menunjukkan variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Variabel kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Diperoleh nilai T hitung sebesar 5.053 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05.” “Hasil analisis regresi menunjukkan variabel kepercayaan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.” “Secara bersama-sama hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Word of Mouth (WoM), Pelayanan, Kepercayaan Pelangagan Terhadap Keputusan Pembelian beras di UD Sri Mulyo Agung.” “Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F yang mempunyai nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05.”Kata kunci: Word of Mouth (WoM), Layanan, Kepercayaan Pelanggan, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2022