EDUPEDIA
Vol 6, No 1 (2022): April

PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DARI BUKU AJAR PILAR KARAKTER DI RAUDHATUL ATHFAL ‘AISYIYAH NGLAYANG

Nurul Istiana (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Ida Yeni Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Penerapan Nilai Pendidikan Karakter dari Buku Ajar Pilar Karakter di Raudhatul Athfal ‘Aisyiyah Nglayang. Subjek Penelitian ini adalah 14 anak usia dini pada kelas A. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai pendidikan karakter dari buku ajar pilar karakter di RA ‘Aisyiyah Nglayang yaitu: Jadwal pilar karakter dilaksanakan rutin setiap hari sesuai RPPH, penerapan nilai karakter secara daring berupa laporan foto kegiatan tentang pendidikan karakter di rumah. Melalui kegiatan pembelajaran buku pilar karakter peserta didik dapat membedakan nilai-nilai pendidikan karakter baik dan tidak baik melalui gambar buku ajar pilar karakter, sehingga peserta didik di RA ‘Aisyiyah Nglayang menjadi lebih mandiri, disiplin dan tanggung jawab. Salah satu upaya guru untuk mengatasi anak yang belum fokus dalam pembelajaran pilar karakter yaitu dengan menerapkan karakter pendengar yang baik, sehingga anak akan kembali fokus  mendengarkan guru dengan yel-yel pendengar yang baik. Tujuan pembelajaran dari buku ajar pilar karakter untuk menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik dan dapat menjadi contoh untuk siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...