Sebagai pusat perdangan grosir terbesar di Pulau Sumatera menjadikan Pasar Aur Kuning banyak di kunjungi oleh masyarakat sehingga perlu memprediksi perjalanan dikawasan tersebut untuk mencegah terjadinya isu transportasi seperti kemacaetan, pakir dan kebutuhan akan transportasi umum. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik tarikan perjalanan pengunjung dikawasan Pasar Aur Kuning, mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tarikan perjalanan masyarakat ke Pasar Aur Kuning , dan menganalisis model tarikan perjalanan masyarakat pada kawasan pusat perbelanjaan Pasar Aur Kuning. Pemodelan tarikan perjalanan dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Dari hasil analisis Karakteristik perjalanan yang melewati kawasan Pasar Aur Kuning, ditemukan bahwa Jumlah Pendapatan Keluarga (X1) adalah Rp. 1.000.000 – 3.000.000 (30,75%), Tujuan ke Pasar Aur Kuning (X2) adalah Berbelanja (58,75%), Jarak rumah ke Pasar Aur Kuning Bukittinggi (X3) tertinggi yaitu <15 km (42%), Waktu Perjalanan (X4) tertinggi adalah >30 menit 40,5%, Moda Transportasi (X5) adalah Kendaraan Umum (50%), Harga Barang (X6) paling banyak dipilih adalah murah (51,8%), Kelengkapan barang (X7) paling banyak adalah lengkap (47%), Luas Lahan Parkir (X8) paling banyak memilih adalah sempit (45,3%), Kenyamanan (X9) paling banyak dipilih adalah Nyaman (49,25) dan Kebersihan (X10) paling banyak dipilih adalah Bersih (66%). Faktor - faktor yang mempengaruhi tarikan perjalanan (Y) yaitu dipengaruhi oleh waktu perjalanan (X4), harga barang (X6), kelengkapan barang (X7) dan luas lahan parkir (X8), ditemukan memiliki korelasi dengan Tarikan Perjalanan. Hasil uji regresi linear berganda didapatkan model terbaik berupa : Y = 0,057 + 0,118X4 + 0,019X6 + 0,025X7 + 0,012X8.
Copyrights © 2022