EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Analisis Kualitas Disertasi Berdasarkan Hasil Review Komisi Sekolah Pascasarjana

Komarudin Komarudin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Andi Suhandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Juntika Nurihsan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Disman Disman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Geraldi Novian (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Kualitas penulisan dan penyusunan disertasi menjadi gambaran kuat terhadap kemampuan akademik mahasiswa dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas disertasi berdasarkan hasil review Komisi Pascasarjana UPI. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Subjek adalah seluruh mahasiswa program doktor (S3) Sekolah Pascasarjana UPI yang mengusulkan review disertasi. Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik convenience sampling sehingga seluruh mahasiswa yang mengusulkan review disertasi saja yang akan dipilih menjadi subjek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen Format Review Disertasi yang terdiri dari enam aspek dalam disertasi yang akan dinilai oleh para reviewer. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif dengan menggunakan t test dengan bantuan program SPSS versi 24 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil reviu terhadap kualitas disertasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa reviu yang dilakukan oleh para reviewer memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas disertasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...