Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa
Vol 20, No 1 (2022): METALINGUA EDISI JUNI 2022

KONSEPTUALISASI METAFORA DALAM AL-QUR’AN JUZ 30: KAJIAN SEMANTIK KOGNITIF (THE CONCEPTUALIZATION OF METAPHOR IN THE QURAN JUZ 30: A COGNITIVE SEMANTICS STUDY)

Rifa Rafkahanun (Universitas Padjadjaran)
Tajudin Nur (Universitas Padjadjaran)
Wagiati Wagiati (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Konseptualisasi Metafora dalam Al-Qur’an Juz 30: Kajian Semantik Kognitif”. Pembahasannya diorientasikan pada kajian semantik kognitif dengan tujuan mendeskripsikan makna konseptual, jenis metafora dan skema citra yang terdapat pada Al-Qur’an Juz 30. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun teori yang diacu adalah semantik kognitif, berkaitan dengan jenis-jenis metafora menurut Lakoff dan Johnson serta teori mengenai skema citra menurut Croft dan Cruse. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam Al-Qur’an Juz 30 ditemukan 35 data metafora yang terbagi kepada 3 jenis metafora, yaitu 15 data metafora struktural, 10 data metafora orientasional dan 10 data metafora ontologis. Dari ketiga tipe metafora tersebut, terdapat 25 makna konseptual dan 6 macam skema citra, yaitu 9 data skema citra ruang (space), 1 data skema citra skala (scale), 7 data skema citra wadah (container), 6 data skema citra kekuatan (force), 4 data skema citra bagian/keseluruhan (unity/multiplicity) dan 8 data skema citra keberadaan (existence).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

metalingua

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

METALINGUA is a journal aiming to publish literary studies researches, either Indonesian, local, or foreign literatures. All articles in Metalingua have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. METALINGUA is published by West Java Balai Bahasa twice a year, in June and ...