JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 16 No 1 (2022): Jurnal Perspektif Pendidikan Vol 16 No 1 Juni 2022

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA (PERULTA) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 2 TRIKARYA

Khofifatun Nafiah (Unknown)
Satinem Satinem (Unknown)
Elya Rosalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga (perulta) dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2 Trikarya. Jenis penelitian ini yakni Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, angket dan tes. Berdasarkan hasil uji kevalidan diperoleh skor keseluruhan sebesar 0,78 dengan kategori cukup tinggi. Hasil dari uji kepraktisan dengan skor rata-rata keseluruhan 95,45 dengan kategori sangat praktis. Dan hasil dari uji efektifitas dengan skor rata-rata keseluruhan 0,77 dengan kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga (perulta) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektifitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...