Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Konseling Kelompok Melalui Teknik Play Therapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru

Sunani Ariyanti (Universitas Riau)
Zulfan Saam (Universitas Riau)
Elni Yakub (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Kepercayaan diri ialah suatu keyakinan, keunggulan dan kemampuan individu untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Kurangnya percaya diri yang terjadi pada individu akan menjadikan individu tersebut menjadi tidak mempercayai kemampuannya sendiri dan lebih menutup diri dari orang lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tentang efektivitas teknik play therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Jenis penelitian ini pre-eskperimental design. Penelitian ini menggunakan rancangan dengan bentuk one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak tujuh orang siswa kelas delapan yang memiliki kepercayaan diri rendah berdasarkan skala pengukuran skala kepercayaan diri. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis statistic parametik dengan paired sample t-test dengan bantuan SPSS Versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 < (0,05) Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa di tolak dan diterima. Artinya adanya peningkatan rata-rata kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan tindakan, dengan demikian hipotesis penelitian dapat diterima yaitu konseling kelompok melalui teknik play therapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...