Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar matematika kelas I melalui penerapan model problem-based learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas sesuai tipe Kemmis dan Robbin Mc Taggart terdiri dari dua siklus yang melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa pada kelas I SD Negeri Sinduadi Timur. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model problem-based learning. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem-based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dari kondisi awal rerata percaya diri siswa sebesar 34,62% meningkat menjadi 59,62% pada siklus I dan meningkat menjadi 78,85% pada siklus II. Sedangkan penerapan model problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai rerata kondisi awal sebesar 54 meningkat menjadi 79 pada siklus I dan meningkat menjadi 84 pada siklus II. Sikap percaya diri dan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model problem-based learning. Kata Kunci: Sikap percaya diri; Hasil belajar; model PBL
Copyrights © 2022