Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 4 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Multipel Representasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Multiple Intelligence dalam Memahami Konsep Bangun Ruang Sisi Datar dengan Teknologi Wolfram Alpha

Kusnul Khotimah (Universitas PGRI Semarang)
Yanuar Hery Murtianto (Universitas PGRI Semarang)
Heni Purwati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2022

Abstract

Multiple representasi memiliki perananan penting pada perkembangan peserta didik terutama dalam mempelajari konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multipel representasi matematis siswa dengan kecerdasan logis-matematik, kecerdasan visual-spasial, dan kecerdasan naturalistic dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar menggunakan teknologi wolfram alpha. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket multiple intelligence, tes representasi matematis, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX A SMPN 1 Jaken. Subjek penelitian yaitu 6 siswa terdiri dari 2 siswa Kecerdasan Logis-Matematik, 2 siswa kecerdasan visual-spasial, dan 2 siswa kecerdasan naturalistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) subjek logis-matematika belum menunjukkan menggunakan indikator representasi visual. (2) subjek visual-spacial mampu menggunakan indikator represesntasi (3) subjek kecerdasan naturalistik belum menunjukkan menggunakan representasi visual dan verbal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...