Pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru (Teacher centered) dapat menimbulkan rasa bosan siswa. Hal ini berdampak negatif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran audiovisual dalam pembelajaran Biologi terhadap hasil belajar Biologi siswa. Penelitian ini merupakan Eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan Non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIA yang terdiri atas empat kelas dengan total 141 siswa. Sampel berjumlah dua kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, tiap kelas terdiri atas 36 siswa. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran audiovisual, sedangkan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji t. dan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar Biologi siswa. Penerapan model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan sebagai pilihan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Serta penggunaan media audiovisual dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien.
Copyrights © 2022